Asteroid Besar dan Asteroid Mungilnya akan melewati Bumi akhir pekan ini

Animasi yang menunjukkan sistem KW4 dilihat dari Bumi saat bergerak melintasi langit dari 21 Mei 2001 hingga 12 Juni 2001.

Asteroid selebar 1 mil dan bulannya yang kecil itu akan melewati Bumi akhir pekan ini

Asteroid besar dan bulan pendamping mungilnya akan melewati Bumi tanpa bahaya di akhir pekan ini.

Asteroid Biner yang disebut, dan dijuluki 1999 KW 4, akan melakukan pendekatan terdekat pada pukul 7:05 malam. ET, Ketika 2 objek yang dipasangkan akan berjarak sekitar 3 juta mil dari Bumi dan bergerak dengan kecepatan sekitar 50000 mil per jam.

Asteroid KW4

Meskipun 1999 KW4 ditetapkan sebagai asteroid yang berpotensi berbahaya, tidak ada kemungkinan ia akan menabrak Bumi. Meski begitu, para astronom akan mengawasi jalan terbang menggunakan kombinasi teleskop berbasis Bumi dan luar angkasa – bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan pertahanan planet kita terhadap serangan asteroid dahsyat seperti yang terlihat dalam simulasi mengganggu yang dilakukan baru-baru ini di Washington.

“Ini adalah salah satu dari flyer biner terdekat yang mungkin ada dalam sejarah baru-baru ini,” kata Wisnu Reddy, seorang ilmuwan planet di Universitas Arizona di Tucson. “Itulah yang menjadikannya target yang sangat menarik.”

Bahkan pada pendekatan terdekatnya, asteroid akan terlalu samar untuk dilihat dengan mata telanjang, menurut Reddy.

Asteroid 1999 KW4 ditemukan 20 Mei 1999, di fasilitas Lincoln Near-Earth Asteroid Research (LINEAR) dekat Socorro, New Mexico, dan telah dipelajari secara luas sejak saat itu.

Pengamatan menunjukkan bahwa objek utama, atau Alpha, adalah sekitar 0,8 mil lebarnya, berbentuk seperti puncak berputar dengan bubungan yang menonjol di sekitar khatulistiwa. Objek yang lebih kecil, atau Beta, kira-kira sepertiga ukuran objek Alpha dan mengorbit yang terakhir pada jarak sekitar 1,6 mil.

Asteroid ini akan melewati bumi pada hari sabtu tanggal (25/05/2019)