Pengujian Pesawat Ruang Angkasa Nasa Selesai

Pesawat Ruang Angkasa yang akan membawa Rover ke Mars 2020

Pengujian Pesawat Ruang Angkasa NASA Siap Untuk Misi Ke Mars

Pesawat ruang angkasa NASA Mars 2020 telah menyelesaikan pengujian akustik dan termal vakum (TVAC) di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California. Uji coba dari pesawat ruang angkasa yang akan membawa rover Mars 2020 ke zona touchdown di Jezero Crater pada tanggal 18 Februari 2021, apa yang akan dialami pesawat ruang angkasa selama peluncuran, di mana ia akan menghadapi tingkat suara yang berpotensi merusak. Dan getaran. TVAC memperkenalkan ruang hampa udara dan suhu extreme yang dapat menyebabkan komponen tidak berfungsi atau gagal.

“Pertama kami meledakkannya dengan suara untuk memastikan tidak ada yang bergetar,” kata David Gruel, Majelis Mars 2020, menguji dan meluncurkan manajer operasi di JPL. “Kemudian setelah pemeriksaan dengan menyeluruh, kami meletakkannya di ruang simulasi Ruang Angkasa Hampa dengan menempatkan pesawat ruang angkasa di ruang hampa besar yang kami miliki di JPL. Kami memompa keluar atmosfer, kemudian mendinginkan bagian – bagian itu dan memasak yang lain sambil menguji kinerja pesawat.”

Bagian Pertama dari proses terjadi pada 12 April, ketika tumpukan pesawat ruang angkasa dibombardir oleh suara dari speaker bertekanan nitrogen di Acoustic Test Chamber JPL. Tumpukan temasuk aeroshell serta stand-in rover (rover yang asli sedang menjalani perakitan akhir Cleanroom 1 Teluk Tinggi JPL) dan komponennya. Bersama mereka dirakit atau ditumpuk, dalam konfigurasi yang sama seperti ketika diluncurkan ke Mars pada Juli 2020.

para penguji mengetest di ruang hampa

“Kita mengetes komponen perangkat keras dengan suara spektrum acak untuk meniru lingkungan peluncuran,” kata Andy Rose, manajer Fasilitas Uji Lingkungan di JPL. “Kami mencapai tingkat suara setinggi 150 desibel, yang benar benar akan menggetarkan isi perutmu jika kamu berada didalam ruangan pada saat itu.”

Tentu saja, para teknisi menunggu beberapa menit untuk mengakhiri sebelum membuka pintu kamar untuk memeriksa pesawat ruang angkasa di pakaian kamar mereka (Pesawat ruang angkasa harus tetao bebas kontaminasi untuk mematuhi aturan perlindungan Planet ini).

Untuk uji akustik, tumpukan memiliki pelindung panas mengarah ke atas, tetapi untuk uji vakum termal, itu harus turun,” kata Gruel.

Tempat terbaik untuk mengubahnya adalah kamar bersih, tempat kami memiliki perlengkapan yang dirancang untuk proses itu.” Begitu tumpukan berlalu, tim menukar dan mengirimkannya untuk pengujian termal.

Pada tanggal 26 April, tumpukan memasuki JPL. Fasilitas Simulator Ruang bersejarah itu menjadi tuan rumah pesawat ruang angkasa dari misi Mariner NASA pada awal 1960an ke Voyager dan Cassini ke semua penemu Mars. Tumpukan tahun 2020 ditangguhkan dari kabel sehinggal ruang  menjadi dingin dari pelayaran antarplanet dapat menghantam pesawat ruang angkasa dari setiap sudut.

Dengan pintu 16 ton ditutup, lingkungan hampir vakum terbentuk. Kemudian, ketika tim penguji Mars 2020 membanjiri dengan nitrogen cair hingga -200 derajat Fahrenheit (-129 derajat Celsius). Untuk mensimulasikan sinar Matahari yang akan dihadapi Mars 2020 selama perjalanan, lampu xenon yang kuat beberapa lantai di bawah bilik menyala, cahayanya di pantulkan ke bagian pesawat ruang angkasa. 8 hari kemudian lampu dimatikan, atmosfir dimasukan kembali di ruangan itu dan pintu dibuka. Pengujian vakum akustik dan termal selesai.

NASA Mars 2020 dalam masa pengujian

“Ini adalah test yang paling komprehensif yang bisa anda letakan di luar angkasa di Bumi,” kata Gruel. “Kami terbang diruang simulasi dan kami selama seminggu dan sehari, memeriksa dan memeriksa ulang kinerja setiap subsistem onboard. Dan semuanya tampak hebat – yang merupakan hal yang sangat baik, karena lain kali tumpukan pesawat ruang angkasa ini menghantam ruang hampa udara, itu akan seperti dalam perjalanan ke Mars sunguhan.”

Pada 10 Mei, tumpukan kembali lagi ke kamar bersih High Bay 1. Para teknisi bekerja pada rover penjelajah Mars 2020 yang akan menjadi bagian dari tumpukan saat diluncurkan. Rover sudah memiliki lebih dari 90% komponen yang akan membentuk interior sasis dari instrument sains dan computer hingga subsistem dan kotak listrik yang menghubungkan mereka semua.

Rover 2020 membawa peralatan instrument yang baru, termasuk mendapatkan sampel yang akan mengumpulkan sampel sampel Mars untuk di bawa ke Bumi pada misi berikutnya. Misi akan diluncurkan dari stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida pada Juli 2020 dan mendarat di Jezero Crater pada tanggal 18 Februari 2021.

Sumber Refrensi https://www.nasa.gov/feature/jpl/nasas-mars-2020-gets-a-dose-of-space-here-on-earth/

Leave a Reply